Social Icons

Pages

Selasa, 22 Juli 2014

Wisata Tak Biasa di Bali

Liburan di Bali tak melulu harus ke Pantai Kuta, Legian atau Garuda Wisnu Kencana. Masih banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi selama libur sekolah seperti saat ini. Inilah wisata yang tak biasa di Bali :

Liburan di Bali tak melulu harus ke Pantai Kuta, Legian atau Garuda Wisnu Kencana. Masih banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi selama libur sekolah seperti saat ini. Inilah wisata yang tak biasa di Bali:

Candi Gunung Kawi

Berada di Tampaksiring, Gianyar, Bali, Candi Gunung Kawi, Candi Gunung Kawi harus masuk dalam destinasi liburan di Bali. Khususnya, bagi Anda yang ingin menikmati suasana liburan berbeda di Bali.
Jangan bayangkan Candi Gunung Kawi ini seperti candi lain yang bertumpuk-tumpuk membentuk suatu bangunan. Candi Gunung Kawi adalah candi yang dipahat di tebing gunung.

Selain pahatan candi, turis yang datang juga bisa melihat makam yang menyimpan abu jenazah Raja Udayana, makam beberapa pemaisuri dan anaknya. Bukan cuma itu, hamparan sawah hijau menambah cantik pemandangan.


Desa Trunyan

Desa ini memiliki tradisi yang cukup unik, yakni tradisi tidak mengubur mayat. Uniknya, meski hanya dibiarkan begitu saja di atas tanah, tak ada bau bangkai tersebar. Yang ada hanyalah wangi bunga yang semerbak. Ternyata, penyebabnya adalah Taru Menyan atau pohon raksasa asal nama Trunyan.



Tradisi membiarkan jenazah tanpa dikubur ini sudah ada ratusan tahun lamanya. Namun dengan syarat, mayat harus utuh dan meninggal secara normal. Tak ada luka atau penyakit. Layak atau tidaknya seseorang 'dikubur' di Trunyan juga dilihat dari baik atau buruknya perilaku orang tersebut semasa hidup.


Desa Panglipuran

Masuk ke dalam, Desa Panglipuran memiliki lanskap yang berundak dengan rumah berasitektur khas dan unik. Pepohonan rindang berjejer rapi menambah kesan sejuk.
Hal menarik lainnya dari desa cantik ini adalah keramahtamahan penduduknya. Tua, muda, remaja dan anak-anak, semuanya bersikap ramah pada setiap pengunjung. Jadi, berkunjung ke sini hukumnya wajib!




Istana Tampak Siring

Nama Tampak Siring berasal dari bahasa Bali, tampak yang berarti telapak dan siring berarti miring. Istana ini dibuat atas ide Presiden Soekarno.
Masuk ke dalam, salah satu sudutnya menghadap ke arah kolam Tirta Empul yang berada di kaki bukit. Konon, sebuah bangunan peristirahatan milik Kerajaan Gianyar ada di sana.



Gua Gajah

Gua Gajah berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Gianyar, Bali. Sama seperti gua lainnya, turis yang datang akan diajak untuk menjelajah ke dalam perut bumi.
Uniknya, meski dinamakan Gua Gajah, Anda tak akan menemukan gajah sama sekali di sana. Usut boleh usut, nama gajah ternyata diambil karena di dalam gua ini terdapat beberapa patung Dewa Ganesha.


1 komentar:

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates