Social Icons

Pages

Selasa, 22 Juli 2014

Ada Belanda di Semarang



Selama 350 tahun menjajah, Belanda menyisakan banyak jejak di Indonesia. Termasuk kawasan kota tua di Semarang yang sering dijuluki sebagai 'Little Netherland' atau Belanda Mini.

Semarang juga jadi pusat pemerintahan Belanda waktu masih menjajah Indonesia. Tepatnya pada sekitar abad ke-18. Tak heran jika ada banyak bangunan bergaya Belanda di komplek kota tua di Semarang.

Julukan Little Netherland dibuat karena memang saat masuk ke sini, Anda akan merasa seperti kembali ke masa pendudukan Belanda. Jajaran bangunannya,mengingatkan akan Amsterdam di Belanda. Bentuk jalanan, bangunan hingga tanaman di tepian jalannya seakan memperkental suasana Eropa. 



Salah satu bangunan yang paling terkenal, bahkan menjadi landmark Semarang adalah Gereja Blenduk. Meski telah berumur lebih dari 2,5 abad, gereja yang bernama asli Nederlandsch Indische Kerk tetap kokoh berdiri. Bahkan masih jadi tempat ibadah umat Kristiani hingga kini.



Di komplek kota tua Semarang atau yang dikenal dengan nama Kota Lama, ada sekitar 50 bangunan kuno. Bangunan-bangunan ini mayoritas bergaya Eropa dan hingga kini masih berdiri dengan kokoh.

Beberapa bangunan yang wajib ditengok di sini antara lain Stasiun Semarang Tawang, Taman Sri Gunting dan Gedung Kantor Pos. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates